Cari Blog Ini

Jumat, 24 Februari 2012

MASALAH NABI ADAM DAN AGAMA TAUHID

1. Apakah memang nenek moyang manusia, Nabi Adam ?

Iya, pasti, sebagaimana firman Allah swt:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُواْ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاء وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لاَ تَعْلَمُونَ
Artinya :
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui" (Al-Baqarah : 30).

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلآئِكَةِ اسْجُدُواْ لآدَمَ فَسَجَدُواْ إَلاَّ إِبْلِيسَ قَالَ أَأَسْجُدُ لِمَنْ خَلَقْتَ طِيناً
Artinya :
Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu semua kepada Adam", lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: "Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?"(Al-Isra' : 61).
قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلاَّ تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ قَالَ أَنَاْ خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِي مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُ مِن طِينٍ
Artinya :
Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis: "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah".(Al-A'raf : 12)

Memang selama ini sebagian orang masih percaya pada teorinya Darwin, tapi khan tidak mungkin Allah swt menciptakan monyet dulu kemudian berubah menjadi manusia. Mengapa? karena sejak semula ciptaan Allah swt yang satu ini sudah diberi nama Adam, sedang Adam adalah manusia, berdasarkan ayat-ayat tadi, dan baca Surah Al-Baqarah ayat 31 s/d 38. Dan tidak mungkin juga Allah memerin-tahkan para Malaikat termasuk Iblis untuk hormat kepada monyet sesudah berubah bentuk menjadi manusiua. Juga seandainya sebelum Adam sudah pernah ada manusia, yang pandai merusak dan membunuh (Al-Baqarah : 30 tadi) kemudian habis atau hilang, kemudian sekarang Allah menciptakan manusia lagi dengan perangai yang sama, maka kalau teori itu benar berarti Tuhan yang dianggap menciptakan itu tidak kapok, dan tidak tahu apa yang diperbuat; sudah pernah menciptakan manusia yang pandai merusak dan membunuh sekarang diulangi lagi. Teori Darwin itu juga mengatakan adanya missing ling, mata rantai yang hilang sehingga tidak dapat dijelaskan proses dari monyet menjadi manusianya bagaimana. Seingat kami sepandai-pandai monyet tidak akan bisa menjadi manusia, tapi sepandai-pandai manusia bisa saja berubah menjadi monyet. Contohnya amat sangat banyak sekali.

Kemudian juga tidak logis, Allah yang menciptakan langit bumi seisinya ini, ada Bulan Bintang dlsb, akan diurus oleh manusia yang asalnya monyet, yang tidak lain adalah binatang. Kok seperti lakon dalam film saja.

2. Sebelum manusia, apa sudah ada makhluk lain ?
Iya, ada, sebelum menciptakan manusia Allah terlebih dahulu telah menciptakan / menyiapkan langit bumi seisinya, ada tumbuh-tumbuhan, matahari, bulan, bintang, laut, air, udara, api, burung, binatang ternak, lebah, semut, laba-laba, ulat, lalat, nyamuk, dll, kemudian menciptakan manusia (Adam) di Surga, selanjutnya ditetapkan harus tinggal di bumi untuk menjadi tuan rumah, sementara hidupnya; dan tidak mungkin monyet yang ditugasi menjadi tuan rumah, karena itu dirubah dulu menjadi manusia. Silakan baca Al-A'raf : 54, Yunus : 3, Hud : 7, Al-Furqan : 59, Al-Sajdah 4, Qaf : 38, dan Al-Hadid : 4.


3. Apakah manusia sekarang ini, keturunan Qabil ?

Memang dahulu Habil di bunuh oleh Qabil, sebagaimana yang disebutkan di Surah Al-Maidah : 27 – 31, sehingga yang beranak pinak adalah Qabil, (si pembunuh), tapi sepeninggal Habil Adam punya anak lagi bernama Syis. Menurut teori, Adam umurnya 1000 tahun. Andaikan Hawa juga 1000 tahun, maka dipotong 100 tahun ketika saling mencari setelah turun dari surga, 100 tahun lagi masa Menopause-nya Hawa, sehingga masa produksinya Hawa adalah 800 tahun. Andaikata Hawa melahirkan setiap 5 tahun sekali, dan kembar-kembar, berarti anak Adam-Hawa langsung 160 X 2 = sebanyak 320 orang, dan tidak hanya tiga orang itu saja. Kemudian manusia keturunan Qabil dan Syis yang ingkar beserta saudara-saudaranya sudah ludes oleh Sunaminya Nabi Nuh yang berlangsung selama 6 bulan, hanya sebagian kecil saja yang beriman yang selamat menjadi penumpang kapalnya Nabi Nuh, bisa jadi mereka dari keturunan Syis dan 320 orang saudaranya yang taat. Silakan baca Surah Hud : 44. Secara imani, sudah pasti yang selamat itu yang beriman, dan yang beriman itu boleh jadi bukan keturunan Qabil lagi. Berkembang biak terus sampai zaman kita sekarang ini. Silakan baca Al-Mukhtashar fi Akhbari al-Basyar, Tarikh Al-Thabari, dll.


4. Kalau kita keturunan Nabi Adam, berarti kita semua bersaudara ?

Iya, memang semua manusia yang hidup di bumi ini bersaudara, karena keturunan Adam-Hawa. Kami kira tidak mungkin ada orang mau mengaku anak / keturunannya monyet. Kecuali orang yang tidak waras. Ayatnya mengatakan :


كَانَ النَّاسُ أُمَّةً وَاحِدَةً فَبَعَثَ اللّهُ النَّبِيِّينَ مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ وَأَنزَلَ مَعَهُمُ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيمَا اخْتَلَفُواْ فِيهِ وَمَا اخْتَلَفَ فِيهِ إِلاَّ الَّذِينَ أُوتُوهُ مِن بَعْدِ مَا جَاءتْهُمُ الْبَيِّنَاتُ بَغْياً بَيْنَهُمْ فَهَدَى اللّهُ الَّذِينَ آمَنُواْ لِمَا اخْتَلَفُواْ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَاللّهُ يَهْدِي مَن يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ
Artinya :
Manusia itu adalah umat yang satu. (Setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi sebagai pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab dengan benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkan itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. (Al-Baqarah : 213).

Kemudian baca juga Surah Al-A'raf : 172.


5. Satu keturunan, tapi kok rambut, kulit, dan wajah berbeda ?
Tidak perlu heran, karena seisi rumah pun banyak yang rupanya, rambut, kulit dan wajahnya tidak sama. Ada seorang cewek cantik, kulitnya kuning, hidungnya mancung, padahal saudara-saudaranya tidak ada yang seperti itu. Apakah anda keberatan ?


6. Apakah Nabi Adam juga beragama tauhid, seperti Nabi Ibrahim ?

Allah swt itu Maha Esa, Dia lah yang menciptakan semua ini, dan untuk mengatur cara hidupnya manusia Allah swt buatkan aturan dan undang-undang, yang dengan undang-undang itu hidup manusia menjadi aman dan nyaman, tidak seperti hidupnya binatang. Bacalah Surah Al-Syura : 13. Undang-undang itulah Agama Allah swt, itu namanya Agama Tauhid, karena intinya mengesakan Allah swt. dan seluruh pengabdian hanya milik Allah swt. Silakan baca Surah Al-Haj : 78 dan Al-Nahl : 36.

Sepeninggal Adam, anak-anaknya mulai kacau, lalu Allah swt mengangkat Idris, sesudah itu Nuh. Sepeninggal Nabi Nuh manusia menyimpang dari tuntunan Agama-Nya, maka Allah swt mengangkat para Nabi dan Rasul-Nya dari waktu ke waktu sesuai dengan tingkat penyelewengan dan kerusakan manusia. Sampai kepada Nabi Ibrahim, dan seterusnya sampai kepada Nabi Muhammad saw sekarang. Jadi semuanya beragama Tauhid. Tidak mungkin Tuhan Yang Maha Esa mengajarkan bermacam-macam Agama, dan tidak mungkin pula para Nabi dan Rasul yang diangkat Nya mengajarkan agama menurut versinya sendiri-sendiri. Selanjutnya ditegaskan di dalam Surah Ali Imran : 85.


7. Pelaksanaan ibadah jaman Nabi Ibrahim, apa sama dengan sekarang ?
Tentu tidak sama, karena jaman sekarang budaya manusia sudah sangat kompleks, manusia sangat heterogin, bervariasi perilakunya. Ada beberapa ajaran Nabi Ibrahim yang disempurnakan oleh Allah melalui Al-Qur'an ini, dan ada beberapa yang masih dibadikan sampai sekarang, seperti tradisi berqurban, khitan, menjamu tamu, mengagungkan Allah swt. dengan Thawaf dan permusuhan dengan syetan, yaitu ajaran melempar Jumrah.


8. Dalam Al-Qur'an, bahwa Nabi Isa beragama tauhid, tapi mengapa menjadi Kristen ?

Nabi Isa as tidak pernah menjadi Kristen, tidak pernah mengajarkan Agama Kristen, dan tidak akan menyimpang dari Agama Tauhid tadi. Kata Kristen itu diucapkan oleh orang-orang penyembah berhala (Paganis), (Lihat Bibel, Kisah Rasul 11:26, 26:28, Petrus 4:16 dan Roma 16:7), bermula dari Antiokhia, sebuah daerah di sebelah timur laut dari Laut Tengah, posisinya jauh di bagian utara dari Nashirah (Nazaret), Palestina, tempat lahir, berkembang dan pusat berdakwahnya Nabi Isa as.


9. Apakah memang agama Kristen diciptakan Nabi Isa ? Apakah sebelum Nabi Isa sudah ada agama Kristen ?

Tidak, Nabi Isa as. tidak pernah walaupun hanya sekedar mengucapkan kata-kata "Kristen". Agama Kristen itu muncul lebih dari 350 tahun sepeninggal Nabi Isa as. jadi Nabi Isa sendiri tidak tahu menahu tentang adanya Agama Kristen yang populer sekarang ini. Kata Kristen terdapat di Kisah Para Rasul 11:26, 26:28, 1 Petrus 4:16. Ada juga pemakaian istilah Agama Kristen seperti yang tersebut di Kisah 19:23. Kristen itu sendiri artinya orang milik Kristus atau anggota partai Kristus Mereka itu bohong, membual, omong kosong, silakan suruh membuktikan melalui Bibelnya sendiri, tidak usah melalui ayat-ayat Al-Qur'an.


10. Apa tujuan diciptakan agama Kristen ? Mengapa dan apa alasan mereka men-tuhan-kan Nabi Isa, serta siapa yang mengangkat Nabi Isa sebagai tuhan ?
Kami tidak tahu persis apa motif dan tujuannya. Yang kami fahami, ketika Bani Israel sudah rusak amburadul, Allah swt mengangkat Isa Ibn Maryam menjadi Nabi dan Rasul Nya untuk mengembalikan mereka ke jalan yang benar (Baca Bibel, Lukas 25:18-19).

Yang mentuhankan Nabi Isa as. (menurut bahasa mereka adalah Yesus) adalah Konsili (Muktamar) pertama kali di Nicea tahun 325 M, yang konon dihadiri oleh lk. 1000 orang utusan dari berbagai daerah, namun 700 di antara mereka walk out, tidak ikut bertanggung jawab dalam keputusan. Sedang sumber asal muasalnya adalah dari idea-idea Paulus (Nama Yahudinya Saul), tujuannya untuk merombak ajaran tauhid menjadi ajaran Trinitas, dan mengobrak-abriknya, sehingga orang melenceng tidak tahu beragama dan tidak mengerti siapa Tuhannya.

Mengapa Paulus berbuat sejahat itu ? Paulus dulu ditugasi oleh penguasa Roma sebagai Komandan pasukan khusus untuk memburu dan membunuh Yesus, karena Yesus diisukan oleh orang Yahudi yang tidak senang kepadanya, padahal Yesus diutus untuk mengembalikan orang Yahudi ke jalan yang benar. Yesus dituduh akan membuat makar menggulingkan pemerintah Roma yang sah dan melengserkan penguasanya. Nasibnya sama dengan para Nabi dan Rasul sebelumnya, yaitu selalu mendapat perlawanan dari orang-orang yang ingkar. Karena ternyata Paulus salah tangkap, Yesusnya lolos, bertahun-tahun dia cari tidak kunjung ketemu, sementara dia merasa sebagai Komandan harus bertanggung jawab, maka dia berusaha melalui pintu yang lain, yaitu ajaran Yesus harus diobrak abrik. Sama dengan di sini, dulu juga ada Snouck Hurgronje (th. 1889), yang ingin menghancurkan Islam, yang kemudian dikembangkan oleh orang-orang sekuler, menjadi sekularisme, pluralisme dan liberalisme (atau SIPILIS) sekarang ini.

Dalam hal ini Saul berhasil dan sukses. Pengikut Yesus pecah menjadi 3 golongan, yaitu Essenes (Agamis), Farisi (Nasionalis), dan Saduki (Skularis). Malah isi Bibel Perjanjian Baru banyak didominasi ceritanya Paulus, dan tidak ada secuil ayatpun yang menyatakan bahwa Isa (Yesus) pernah mengatakan dirinya itu Tuhan. Sekarang Kristen mengakui Tuhannya tiga, yaitu Tuhan Bapak, Anak dan Roh kudus, dan yang banyak disebut itu Yesusnya, Tuhannya Yesus sendiri jarang disebut. Tapi jangan lupa di sejak tahun 1501 Kristen pecah menjadi dua golongan yang tidak mungkin disatukan, yaitu Kristen Katholik dan Kristen Protestan. Kalau anda bertanya Kristen mana yang sah diakui oleh Tuhan mereka tidak akan bisa menjawab berdasarkan fakta ilmiah dan sejarah, alias hanya menggunakan ajian pengawuran saja.

Yang membingungkan sejak usia balita sampai wafat, hingga 325 tahun kemudian Yesus bukan Tuhan, tetapi sejak th 325 itu ditetapkan sebagai Tuhan oleh muktamarnya manusia, bukan muktamarnya Malaikat, dan tidak mungkin Malaikat bermuktamar. Apa dasarnya ? Padahal Yesus sendiri tidak mengatakan dirinya Tuhan (Lihat Bibel, Yesaya 48:16-17, Mazmur 105:7, dan banyak lagi ayat-ayat di dalam Bibel yang menjelaskan bahwa Yesus adalah manusia sepenuhnya, yang tidak mungkin diangkat semuanya dalam tulisan ini).

Sekian, semoga kita tidak ikut bingung seperti mereka. Aamiin. Ya Mujiibas Saa'iliin.















5 komentar:

  1. Maaf ya..kalau boleh tanggapi...anda-lah yang ngawur...
    Islamnya lahir tahun berapa??? Adamnya kapan???, trus dari mana kitab-kitab saduran buatan Muhammad bin Abdullah bisa tahu, peristiwa yang ditulis oleh bangsa Yahudi???

    Kemudian...,
    Paulus tidak pernah ditugasi oleh penguasa Roma sebagai Komandan pasukan khusus untuk memburu dan membunuh Yesus. Aneh sekali..jangan anda membuat "aji kira-kira", jangan suka memutarbalikkan fakta..tidak baik.

    Atau ini merupakan hasil analisis anda yang sangat keliru,
    Pernyataan anda bahwa "Dalam hal ini Saul berhasil dan sukses. Pengikut Yesus pecah menjadi 3 golongan, yaitu Essenes (Agamis), Farisi (Nasionalis), dan Saduki (Skularis).

    Anda keliru besar : Farisi dan Saduki sudah ada sebelumnya, disaat YESUS KRISTUS datang kedalam dunia sebagai manusia yang tidak berdosa...bukan karena Paulus...
    jangan ngawur .....,

    Eh malah diakhir artikel konyol ini pun anda menyatakan : "Sekian, semoga kita tidak ikut bingung seperti mereka. Aamiin. Ya Mujiibas Saa'iliin."

    Justru kebodohan anda membuat anda jadi bingung sendiri dan membingungkan sahabat-sahabat nada..faktanya lain..disampaikan lain..bagaimana ini???,

    Siapa sih yang ngajar anda dengan kebodohan seperti itu???, atau anda sudah tahu faktanya tapi anda pun memutarbalikkannya...,

    Banyak sekali yang saya mau komentari dan tanggapi...
    Isinya banyak keliru.






    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin tanya kalau menurut anda tanggapan ini salah ? Oke itu terserah anda.Kemudian kenapa kalian menggira bahwa yesus itu adalah tuhan ? Cuma tanya kok ndausah ngegas.

      Hapus
  2. Ini lah fenomena yang akan selalu terjadi.. sampai hari pembuktian kebeneran terjadi.. Umat Muslim mencari ayat yang menguatkan hipotesanya dgn mengutip dari alkitab dan umat Kristen biasanya mengutip ayat Alquran utk menguatkan pemahamanya... maka sy katakan bahwasanya ini akan menjadi NEVER END discussion.. mari kita lihat bahwa kita menyembah Allah yang sama.. namun cara menyembah kita berbeda... hak pilih kita itulah yang akan kita tanggung jawab kan suatu saat nanti... selagi di Dunia doakanlah satu sama yang lain agar masing masing kita memperoleh Hidayah dan kebijaksanaan dari Sorga.

    BalasHapus
  3. Nabi adam itu agama islam
    Semua nabi islam
    Tuhan itu satu
    Tuhan tidak punya anak
    Tuhan tidak punya bapak
    Tuhan tidak punya kakek
    Tuhan tidak punya nenek

    BalasHapus
  4. dan tuhan tidak terlihat

    BalasHapus